KKM

KKM

KKM kepanjangan dari Kriteria Ketuntasan Minimal. KKM sangat diperlukan oleh guru sebagai kelengkapan dari administrasi guru dalam  kegiatan pembelajaran disetiap jenjang pendidikan, baik di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK. Hal ini berhubungan dengan pengelolaan dan pengolahan nilai yang disesuaikan dengan aspek intake siswa, kompleksitas materi ajar dan daya dukung sarana prasarana sekolah.

KKM dibuat disetiap Tahun Pelajaran baru oleh guru mata pelajaran melalui forum MGMP sekolah di satu sekolah maupun forum MGMP tingkat rayon maupun sub rayon. Saat ini masih ada guru yang kurang memahami bagaimana menyusun dan menetapkan KKM pada mata pelajaran yang ampunya. Oleh karena itu, dalam artikel ini saya mencoba membahas bagai mana cara menyusun dan menetapkan KKM.

KKM dinyatakan dalam bentuk persentase yaitu berkisar antara 0 - 100. Kriteria ditetapakan untuk masing-masing indikator, idealnya berkisar 75%. Sekolah dapat menentukan  dibawah kriteria ideal sesuai dengan kondisi sekolahnya masing-masing.

Dalam menentukan KKM dengan mempertimbangankan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas indikator dan kemampuan sumber daya pendukung. Adapun kemampuan rata-rata pesereta didik dapat dilihat dari rata-rata kelas  atau rata-rata kelas nilai rapot pada tahun pelajaran yang lalu, adapun untuk kompleksitas indikator dapat dilihat dari rata-rata KKM masing-masing indikator pada tahun pelajaran yang lalu atau biasanya guru dapat mengetahui bagaimana tingkat kesulitan materi ajar dari setiap indikator terhadap daya serap siswa, untuk kemampuan sumber daya pendukung biasanya dilihat dari sarana prasarana yang dimiliki sekolah untuk mendukung proses pembelajaran.

KKM dapat dicantumkan dalam LHBS (Laporan Hasil Belajar Siswa) sesuai dengan model yang dipilih sekolah. Hal ini bertujuan agar guru, wali kelas, siswa, orang/wali siswa dan pihak yang berkepentingan dapat mengetahui nilai siswa apakah sudah mencapai KKM, melampaui KKM atau belum mencapai KKM.

Adapun kriteria penetapan KKM adalah sebagai berikut:
1. Kompleksitas indikator (kesulitan dan kerumitan
2. Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan dan biaya)
3. Intake siswa (kemampuan siswa)

Untuk lebih jelasnya bapak/ibu guru dapat melihat contoh penetapan KKM untuk dipergunakan di sekolah masing-masing, mudah-mudahan contoh ini bisa membantu anda. Anda yang ingin melihat contoh penentuan KKM dapat mendownload di blog saya. Mohon maaf bila ada kekurangan.

download contoh penentuan KKM





0 Response to "KKM"

Post a Comment