Proposal Ruang Kelas Baru (RKB) untuk Administrasi Tenaga Kependidikan

Rencana Anggaran Biaya

Pada tahun 2003 saya bersama teman-teman mendirikan sebuah yayasan yang bergerak dibidang sosial dan pendidikan. ketika itu saya diberi amanah menjadi wakil sekretaris, sehingga banyak administrasi saya buat dan selesaikan baik untuk kalanggan internal dan eksternal. Salah satunya adalah ketika lembaga itu membutuhkan bangunan untuk sarana pendidikan yakni ruang kelas baru (RKB). pada waktu saya dan teman-teman mengalami kesulitan dalam penyusunan rencaca anggaran biaya (RAB) yang harus dilampirkan dan proposal pembangunan baik pada instansi pemerintah maupun swasta.
Dalam pembuatan rencana anggaran biaya diperlukan ketepatan perhitunngan yang akurat sehingga kita dapat memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk dapat membangun ruang kelas sesuai yang diinginkan oleh lembaga. Kesulitannya dikarenakan saya memang bukan ahli dibidang bangunan. Oleh karena itu saya dan teman-teman harus berdiskusi dengan para tukang bangunan tentang bagaimana tahapan pembangunan mulai dari tahapan persiapan, luas bangunan, tahapan pekerjaan dan material/bahan bangunan yang diperlukan.
Hasil dari diskusi tersebut saya mendapat gambaran yang cukup untuk memulai membuat rencana anggaran biaya. Ada pun tahapan yang harus ada dalam pembangunan itu antara lain: 1. pekerjaan persiapan, 2. pekerjaan tanah, 3. pekerjaan pondasi, 4. pekerjaan beton, 5. pekerjaan dinding, 6. pekerjan pintu dan jendela, 7. pekerjaan kunci dan penggantung, 8. pekerjaan plafon, 9. pekerjaan pengecatan, 10. pekerjaan lantai, 11. pekerjaan listrik dan 12. pekerjaan atap.
Setelah semua tahapan pekerjaan disusun, berikutnya kita menghitung kebutuhan material/bahan bangunan yang diperlukan sehingga kita dapat memperkirakan kebutahan volume material/bahan bangunan. selanjutnya kita survey harga lokal material/bahan bangunan di toko bahan bangunan di daerah kita, karena harga lokal material/bahan bangunan itu ada perbedaan disetiap daerah. Hal ini terjadi karena biaya distribusi material/bahan bangunan dari distributornya.
Penyusunan rencana anggran biaya yang saya dan teman-teman buat pada awalnya merupakan perhitungan antara volume material/bahan bangunan dikalikan dengan harga material/bahan bangunan untuk setiap tahapan pekerjaan, selanjutnya dihitung juga upah pekerjaan para tukang bangunan mulai dari tukang tembok, tukang kayu dan laden. Tetapi hal itu tidak relevan dengan rencana anggaran biaya yang diperlukan untuk mengajukan proposal pembangunan ruang kelas baru pada intansi pemerintah, dimana rencana anggaran biaya pada intansi pemerintah biasa upah pekerjaan tidak dipisahkan, tetapi harus disatukan dengan dalam biaya setiap tahapan pekerjaan, artinya perhitungan biaya material/bahan bangunan disatukan dengan ongkos pekerajaan setiap tahapan pembangunan.
Teman-teman yang membutuhkan contoh rencana anggaran biaya untuk proposap pembangunan ruang kelas baru dapat melihat dan mendownload contoh rencana anggaran biaya pada pembangunan ruang kelas baru. semoga ini dapat membantu teman-teman dalam pembuatan rencana anggaran biaya meskipun ini belum sempurna. Mohon maaf apabila ada kekurangan.
silahkan download disini      


0 Response to "Proposal Ruang Kelas Baru (RKB) untuk Administrasi Tenaga Kependidikan"

Post a Comment